1. HOME
  2. PARIWISATA

Gelar Event Besar, Pemprov Sulut Gaet 150 Ribu Wisatawan Asing

Sektor pariwisata masih menjadi sektor andalan di Sulut. Tahun ini dia menargetkan 150 ribu wisatawan mancanegara bakal datang ke Sulut.

Menpar Arief Yahya Meluncurkan Calender of Event Sulut 2019 Editor : Endang Saputra | 23 April 2019 12:11

Bitung.merdeka.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Calender of Event Sulut 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (22/4) malam. Dalam Calendar of Event Sulut 2019, ada tiga event unggulan yang masuk 100 Wonderful Event Nasional. Tiga event itu adalah Festival Pesona Bunaken, Tomohon International Flower Festival dan Festival Pesona Selat Lembeh.

Festival Pesona Bunaken akan berlangsung di Manado pada 26-29 Juli 2019 mendatang. Untuk Tomohon International Flower Festival, 7-12 Agustus 2019 sedangkan Festival Pesona Selat Lembeh akan berlangsung di Satkamla, Kecamatan Aertembaga Kota Bitung pada 6-10 Oktober 2019.


Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang mengungkapkan, sektor pariwisata masih menjadi sektor andalan di Sulut. Tahun ini dia menargetkan 150 ribu wisatawan mancanegara bakal datang ke Sulut.

"Di tahun 2015 wisatawan yang datang ke Sulu 38 ribu. Tahun 2016 naik jadi 47 ribu. Di tahun 2017 target dari Kementerian 75 ribu tapi yang kita capai 87 ribu. Lalu di tahun 2018 target 100 ribu dan yang kita dapat 120 ribu. Nah tahun ini target 150 ribu dan kita yakin yang kita dapat lebih dari itu," ujar Daniel Mewengkang di sela peluncuran Calender of Event Sulut 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona.

 

Menurut Daniel Mewengkang, peningkatan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulut karena gebrakan yang dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven OE Kandaouw dalam membenahi sektor pariwisata. Sejak Juli 2016 lalu, Gubernur Olly membuka penerbangan langsung dari China ke Manado. Hal ini membuat wisatawan Tiongkok mulai banyak mengunjungi Bumi Minahasa.

Calendar of Event Sulut 2019

Festival Pesona Bunaken merupakan bentuk upaya melestarikan sumber daya alam bawah laut dan seni budaya di Pulau Bunaken. Sehingga, dapat memberikan jaminan keberlangsungan pariwisata setempat serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Pulau Bunaken seluas 8,08 km di Teluk Manado merupakan bagian dari kota administratif Manado.

Tomohon International Flower Festival ini menampilkan kendaraan hias yang didekorasi menggunakan bunga khas Kota Tomohon dan daerah lainnya dalam berbagai bentuk dan variasi sesuai karakteristik masing-masing peserta. Kendaraan hias tersebut dinilai oleh tim pakar independen yang memiliki kompetisi di bidang florikultura.

Sedangkan Festival Pesona Selat Lembeh adalah festival budaya yang dimeriahkan dengan; sailing pass; lomba kapal hias, festival kuliner, pentas seni dan budaya, colar plantation, 10 K, dan thanksgiving. Tujuan dari penyelenggaraan Festival Pesona Selat Lembeh ini untuk mempromosikan potensi Kota Bitung umumnya dan Selat Lembeh khususnya.

  1. Pariwisata
KOMENTAR ANDA